Struktur Organisasi

Organisasi IKIP Gunungsitoli ditata berdasarkan UU RI Nomor 20 tahun 2003, tanggal 8 Juli 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1999, tanggal 24 Juni 1999 tentang Pendidikan Tinggi. Penataan ini dituangkan dalam Statuta IKIP Gunungsitoli. Susunan Organisasi IKIP Gunung-sitoli terdiri dari unsur pimpinan, unsur pembantu pimpinan, unsur pelaksana dan unsur penunjang. Tugas pokok dan fungsi masing-masing pejabat dimaksud dijabarkan berikut ini.

 A.    Unsur Pimpinan

1. Rektor

Rektor adalah pimpinan institut yang bertugas dan ber-tanggung jawab kepada Yayasan Perguruan Tinggi Nias. Rektor bertugas menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, peneliti-an dan pengabdian pada masyarakat. Dalam melaksanakan tugas sehari-hari, Rektor dibantu oleh tiga orang Pembantu Rektor yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Ketiga Pembantu Rektor dimaksud adalah sebagai berikut.

2. Wakil Rektor

Wakil Rektor terdiri dari:

  1. Wakil Rektor di bidang pendidikan dan pengajaran, pe-nelitian dan pengabdian pada masyarakat dan selanjutnya disebut Wakil Rektor I. Wakil Rektor I bertugas me-wakili Rektor dalam memilih serta mengkordinasi kegiatan di lingkungan IKIP Gununungsitoli yang meliputi: (1) perencana-an, pelaksanaan dan pengembangan pendidikan dan peng-ajaran serta penelitian, (2) pembinaan tenaga pengajar tena-ga peneliti, (3) persiapan program pendidikan baru berbagai tingkat maupun bidang, (4) penyusunan program bagi usaha pengembangan daya penalaran mahasiswa, (5) perencanaan dan pelaksanaan kerja sama pendidikan dan penelitian dengan lembaga di dalam maupun di luar negeri, (6) peng-olahan data yang menyangkut pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dan (7) pelaksa-naan kegiatan di bidang pengabdian pada masyarakat dalam rangka membantu memecahkan masalah yang dihadapi ma-syarakat dalam pembangunan.
  2. Wakil Rektor di bidang Administrasi Umum yang selanjut-nya disebut Wakil Rektor II. Wakil Rektor II bertugas mewakili Rektor dalam memimpin pelaksanaan kegiatan di bidang administrasi umum. Untuk melaksanakan tugas ter-sebut maka Wakil Rektor II berperan dalam memilih serta mengkordinasi kegiatan di lingkungan IKIP Gunungsitoli yang meliputi: (1) perencanaan dan pengelolaan anggaran, (2) pembinaan kepegawaian serta kesejahteraan, (3) pengelolaan perlengkapan, (4) pengurusan kerumahtanggaan dan peme-liharaan ketertiban, (5) pengurusan ketatausahaan, (6) pe-nyelenggaraan hubungan masyarakat, dan (7) pengolahan data di bidang administrasi umum.
  3. Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan yang selanjutnya di-sebut Wakil Rektor III. Wakil Rektor III bertugas me-wakili Rektor dalam memimpin pelaksanaan kegiatan dalam bidang pendidikan yang bersifat ko-kurikuler. Untuk melaksa-nakan tugas tersebut Wakil Rektor III berperan memilih serta mengkoordinasikan kegiatan di lingkungan IKIP Gunung-sitoli, yang meliputi: (1) pelaksanaan pembinaan mahasiswa oleh seluruh staf pengajar dalam pengembangan sikap dan orientasi, serta kegiatan mahasiswa antara lain dalam seni budaya dan olah raga, bagian pembinaan civitas akademika yang merupakan sebagian dari tugas Pendidikan Tinggi pada umumnya, (2) pelaksanaan usaha kesejahteraan serta usaha bimbingan konseling bagi mahasiswa, (3) pelaksanaan usaha pengembangan daya penalaran mahasiswa yang sudah di-programkan oleh Wakil Rektor I, (3) kerja sama dengan semua pihak dalam setiap usaha di bidang kemahasiswaan, pengabdian pada masyarakat dan usaha penunjangnya, (4) penciptaan iklim pendidikan yang baik dalam kampus dan membantu pelaksanaan program pembinaan, pemeliharaan kesatuan dan persatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dan (5) pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan dalam rangka usaha pembangunan yang dilandasi nilai-nilai dan tanggung jawab yang bersifat akademik.

B.   Unsur Pembantu Pimpinan

1.    Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)

2.    Biro Administrasi Umum (BAU)

C.    Unsur Pelaksana

a.    Fakultas

Fakultas adalah unsur pelaksana berbagai tugas dan fungsi IKIP Gunungsitoli yang dipimpin oleh seorang Dekan dan bertang-gung jawab kepada Rektor. Fakultas bertugas melaksanakan pen-didikan dan pengajaran dalam program studi yang dikelola. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut fakultas mempunyai fungsi: (1) melaksanakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran, (2) melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu pengeta-huan, teknologi dan seni, (3) melaksanakan pembinaan terhadap civitas akademika, dan (4) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam fakultas terdapat beberapa program studi yang berpe-ran sebagai unsur pelaksana pada bidang studi tertentu. Program studi dipimpin oleh seorang Ketua Program Studi yang bertang-gung jawab langsung kepada Dekan. Program studi bertugas me-laksanakan pendidikan dan pengajaran serta pengabdian pada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu, teknologi, atau seni tertentu sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, program studi ber-fungsi: (1) melakukan pendidikan dan pengajaran dalam sebagian atau satu cabang ilmu, teknologi atau seni tertentu bagi program pendidikan yang ada, (2) melakukan penelitian dan pengembang-an ilmu pengetahuan, teknologi dan seni tertentu, (3) melakukan pengabdian kepada masyarakat, dan (4) melakukan pembinaan terhadap civitas akademika.

b.    Balai Penelitian (Balit)

c.    Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)

D.    Unsur Penunjang/Unit Pelaksana Teknis

         Perpustakaan

 

 

Comments are closed.